You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Linggasari
Desa Linggasari

Kec. Wanadadi, Kab. Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah

Selamat Datang Di Website Desa Linggasari Kecamatan Wanadadi Kabupaten Banjarnegara.

KKN Universitas Jenderal Soedirman Tahun 2023

Nugrah Yoga Santosa 01 Agustus 2023 Dibaca 112 Kali
KKN Universitas Jenderal Soedirman Tahun 2023

Desa linggasari merupakan salah satu desa di Kecamatan Wanadadi Kabupaten Banjarnegara yang dipilih menjadi tempat pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman sebagai bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat. KKN dilakasanakan selama 35 hari mulai tanggal 6 Juli hingga 9 Agustus 2023.

 

Dalam usaha pengembangan potensi desa, kegiatan KKN dibagi menjadi 5 bidang yaitu bidang ekonomi, pemberdayaan lingkungan, kesehatan,  pendidikan dan layanan pemerintahan desa. Setiap bidang mempunyai beberapa program kerja untuk meningkatkan potensi desa.

 

Program kerja bidang ekonomi bertujuan untuk meningkatkan UMKM yang ada di desa linggasari dengan cara mensosialisasikan PIRT dan mendampingi UMKM secara individu yaitu didampingi pembuatan google maps, digital marketing dan pendampingan inovasi pengemasan yaitu labeling dan packaging.

 

Bidang pemberdayaan lingkungan memiliki program kerja pemanfaatan intensifiasi pekarangan rumah agar lebih produktif dengan cara penanaman bibit cabai dan timun didalam planterbag dan polybag, pembuatan home decomposer untuk mengurangi limbah rumah tangga dan pembuatan hidroponik sederhana.

 

Bidang kesehatan membawakan program kerja pembuatan PMT (Pemberian Makan Tambahan) sasarannya kepada ibu balita stunting dan PKK, program kerja pentignya sarapan dilaksanakan di SD 1 Linggasari dan program kerja terakhir yaitu Edukasi Anemia pada Remaja Putri.

 

Program kerja bidang pendidikan berfokus pada pendampingan belajar. Di Desa Linggasari terdapat 1 Sekolah Dasar Negeri, 2 Madrasah Ibtidaiyah dan 1 Taman Kanak-Kanak. Selain itu juga terdapat pendampingan TPQ yang bermanfaat dalam pengembangan pendidikan agama Islam dan keterampilan sosial anak-anak.

 

Bidang terakhir yaitu pelayanan desa, beberapa program kerja yang dilaksanakan seperti pendampingan kegiatan di balai desa, pembaruan data desa baik dalam bentuk fisik maupun non-fisik yang ada pada website desa, selanjutnya pembuatan profil desa sebagi bentuk media penyampaian informasi dasar serta potensi yang ada di Desa Linggasari sehingga dapat diketahui masyarakat luas.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image